.

Sabtu, 21 Maret 2015

Litani Anthitesis

Aku tak dapat berdoa:' Berikan dia untukku!' Tetapi sering rasanya dia seakan menjadi milikku. Aku tak dapat berdoa:'Berikan dia padaku!' Karena dia adalah milik orang lain. Aku berkelakar dengan diriku sendiri tentang kepedihanku; jika tidak kukekang diriku, jadilah ini litani antithesis yang panjang. ('Infinitum' Ahyar Anwar
Aku telah berpikir keras dan lama mengenai kebebasan berkehendak, ternyata kita tak bisa memaksa seseorang untuk berbuat sesuatu, termasuk memaksa mereka untuk mencintai kita, ataupun mencintai sesama mereka. Meskipun sebelumnya kita telah memberi mereka apa saja yang kita pikir akan membantu ; logika, alasan, empati dan segudang rasa humor. Tetapi, apakah mereka menggunakanya atau tidak, semua itu terserah mereka. yang bisa kita lakukan hanyalah terus mencintai mereka dan berharap bahwa yang terbaiklah yang akan terjadi.
Seperti halnya kita tahu bahwa kehidupan itu adalah rentetan kejutan dan keajaiban, maka kita hanya bisa menunggu sambil berihtiar. Kenapa harus meragu pada sesuatu yang masih misteri? Kita akan jadi apa yang kita pikirkan. Hanya angankan dan harapkan yang terbaik, maka hal-hal baik akan bersama kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar