.

Minggu, 15 April 2012

Peran Pemuda Islam


Pemuda Islam
Pemuda islam dulu, mati syahid dalam peperangan menegakkan islam
Pemuda islam sekarang, mati katak dalam perlombaan haram
Pemuda islam dulu, hafal al-qur’an
Pemuda islam sekarang, hafal not musik
Pemuda islam dulu, hafal beribu hadist
Pemuda islam sekarang, hafal beribu lagu
Pemuda islam dulu, berhabis duit untuk berinfak di jalan Allah
Pemuda islam sekarang, berhabis duit untuk hiburan dan berfoya-foya
Pemuda islam dulu,kuat imannya
Pemuda islam sekarang,kuat mainnya
Memang beda pemuda islam dulu dan pemuda islam sekarang
Tetapi, pemuda islam dulu dan pemuda islam sekarang ada persamaan yang nyata
Persamaan yang jelas,persamaan yang sama
Mereka adalah pemuda islam
Berfikirlah…berfikirlah ..berfikirlah
Wahai pemuda islam
Sekarang
Kita ini adalah pemuda islam, pemuda dengan segala gelar yang disandarnya,dengan segala potensi yang dimilikinya, sudah sepantasnya menjadi identitasnya,dan sudah sepanmtasnya dibarengi dengan sebuah perubahan (agent of change).
Berbicara tentang perubahan,ia harusnya akan selalu merujuk pada kebaikan. Namun,jika perubahan ini menjurus pada keburukan, maka yakinnlah bahwa umat islam ini akan kembali ke perosok. Karena itu perubahan tergantung kepada siapa pemuda yang menjadi actor utama dalam perubahan tersebut.
Kepada para pemuda yang merintis kembali kejayaan islam, coba renungkan. Jika hari ini perubahan itu di dominasi oleh pemuda-pemuda yang telah jauh dari moral islam, relakah kita melihat kehancuran islam itu sendiri? Karena adanya pemuda yang acuh dengan masalah umat. Tidak sadrkah kita,bahwa ternyata gelar pemudalah yang tersandar di bahu-bahu kita, akankah kita menutup mata dan hati kita? Haruskah kita hanya berdiam diri saja dan menyesal ketika usia kita telah senja?ataukah kita hanya menjadi penonton dan menunggu pemuda lain yang akan mencetak kembali kejayaan islam? Sampai kapan.
Wahai pemuda yang dirindukan zaman,bangkitlah. Jangan hanya hanya menjadi penonton atau sekedar komentator. Buktikan bahwa kita layak bergelar pemuda islam. Jika kita tidak bergerak, maka kejayaan islam itu tidak akan pernah terwujud. Karena pemuda itu adalah aku, kamu dan kita semua. Bangkitlah wahai pemuda islam. Mari kita kembalikan identitas pemuda islam sebagai generasi penerus kejayaan islam.
Bukankah islam mengajak kita hari ini untuk hbergerak ? melakukan sebuah perubahan. Islam membuat kita menjadi orang-orang yang bersemangat dalam melakukan perbaikan. Tidakkah kita miris wahai pemuda islam, ketika kita melihat masyarakat dan lingkungan kita terpuruk? Tidakkah kita malu disebut pemuda namun kita hidup tanpa berbuat apa-apa? Pantaskah kita disebut pemuda? Oleh karena itu, mari kita berazam dalam diri kita masing-masin, mari kta tegakkan nilai-nilai islam dalam diri-diri kita,kampus kita dan masyarakat kita. Mari kita buktikan bahwa kita sebagi pemuda adalah agent perubahan.
Tahukah engkau wahai pemuda islam? Kita ini adalah generasi yang di tunggu-tunggu, generasi yang dinanti-nantikan dalam perbaikan bangsa dan islam ini. Oleh karena itu, kita membutuhkan jiwa yang hidup, hati yang bergejolak, dan perasaan yang menyala-nyala. Bersama-sama kita bangkit untuk menyusung perubahan. Bangkitlah…. Bangkitlah….bangkitlah wahai  pemuda islam.

(Orasi disampaikan pada kegiatan kongres Mahasiswa Muslimah,Makassar 4Desember  2011di Stadiun Andimatalata,dengan Tema " Bangkitnya Pergerakan Mahasiswa Muslimah Menuju Kampus Yang Bermartabat)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar